Jumat, 23 Juli 2010

IPA atau IPS?

new class, new friends, new lessons! selamat buat semua yang udah naik kelas. buat kalian yang naik kelas 11, mungkin kalian ga bisa lega begitu denger naik kelas. karena kalian harus menghadapi penjurusan. it's your time to take the way to your future. lo harus bisa milih penjurusan mana yang pas buat lo, antara ipa atau ips.
mungkin dari jaman dulu sampe sekarang, masih banyak orang yang mikir kalo anak ipa itu lebih pinter dari anak ips. makanya banyak orang tua yang nuntut anaknya masuk ipa. entah alesannya biar gampang cari kuliah, dapet link kerja lebih banyak dan blablabla. bahkan ada yang sampe pindah sekolah demi dapet ipa. apakah segitu salahnya masuk ips?
menurut gue, sebenernya ga gitu sama sekali. penjurusan itu bukan untuk misahin antara anak yang pinter apa engga. itu kan tujuannya supaya kita bisa belajar lebih fokus sesuai cita cita sama minat kita. kalo memang cita cita lo ada di ipa (arsitek, dokter) berarti lo masuk ipa. tapi kalo cita cita lo di ips (hukum, akuntansi, hi) berarti lo mendingan masuk ips. kenapa?
misalnya, kayak yang terjadi sama gue. banyak banget yang bilang gue aneh, atau nyia nyiain kesempatan. dari dulu orang tua gue selalu bilang sama gue untuk masuk ipa. alesannya karena bilangnya gue seharusnya sanggup untuk ipa, lebih banyak pilihan untuk kuliah, lebih gampang diterima kerja blablabla~ yaa untuk sementara, gue terima aja dulu omongan mereka. gue belajar biar bisa dapet ipa. tapi, di tengah tengah semua itu, gue akhirnya nemuin cita cita gue. gue pengen jadi akuntan. entah apa alesannya, tiba tiba kepengen aja. dan gue rasa keinginan ini bukan cuma sekedar pengen, tapi emang pengen gue jadiin tujuan gue. mungkin gara gara nilai ekonomi gue lumayan, jadinya tertarik (?)
belajar di kelas 10 emang berat banget, lo harus ngejaga nilai lo bagus di mata pelajaran penjurusan, terutama di jurusan yang lo mau. tapi gue nyadar, mungkin otak gue ga sekuat itu. gue harus milih saat itu juga mau ipa atau ips. dan gue mutusin untuk masuk ips.
awal gue bilang pengen ips sama ortu, ditolak abis abis an. sakit hati sih iya, ya secara cita cita ga disetujuin gitu. tapi ya, demi ngebahagiin ortu, gue tetep belajar ipa, sambil tetep ngejaga nilai ips gue biar ga jatoh. karena sebenernya saat itu hati gue udah di ips
pas ambil rapot, itu bener bener keajaiban. gue keterima ipa, padahal hati gue udah total di ips. ortu mah seneng bgt gue keterima ipa, tapi gue nya malah jadi dilema. sayang ngelepas ipa yang susah susah dicari banyak orang padahal hati udah di ips. belom lagi saran dari temen sama ortu yang bertolak belakang. pilihannya keliatan simple, tapi engga sama sekali sebenernya.
abis proses ngotot sama nyokap yang super ribet, akhirnya gue pastiin di ips. kejar akutansi. gue masuk ips sambil mikir kalo : gue udah ips, gue harus jadi ips unggulan, dan sekarang gue masuk di kelas ips. ternyata ga seburuk itu. malah nyenengin buat gue. gue suka pelajarannya dan gue nikmatin itu semua, karena semua itu sesuai cita cita gue.
jadi sebenernya, yang penting itu tujuan kita masing masing. kalo kita udah milih satu jalan, kita harus konsisten terus di jalan itu. terus juga, gue harap, pilihannya apapun itu, itu yang terbaik buat lo masing masing :)

1 komentar: